Jumat, 11 Mei 2012

Zakat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Seorang Psikolog asal dari Amerika, David Klein melakukan uji coba yang melibatkan mahasiswanya. Mereka diminta untuk menonton sebuah film yang bertutur tentang perbuatan baik kepada orang –Fakir seperti zakat atau sedekah dalam Islam. Setelah menonton film itu, sebagian dari mereka diminta melakukan aktifitas social, seperti membantu orang yang lemah, menolong orang yang sakit, dan memberi orang yang membutuhkan, sementara sebagian lainnya dibiarkan tidak melakukan apa-apa. Setelah Mengikuti rangkaian kegiatan itu air liur mereka dianalisis dan ditemukan bahwa air liur mahasiswa yang melakukan aktivitas social terdapat penambahan protein yang berperan penting dalam system kekebalan tubuh yaitu protein Jenis A, yang dikenal dengan sebutan sel kekebalan (IGA) yaitu sel kekebalan yang bertugas melindungi tubuh dari bakteri dan mikroba yang sering menyerang system pernafasan dan pencernaan.

Sistem kekebalan Tubuh Menahan Masuknya berbagai Mikroba yang berbahaya

Psikolog tersebut mengatakan bahwa perasaan bahagia setelah melakukan kebaikan atau memenuhi kebutuhan orang fakir dan yang membutuhkan ternyata mempengaruhi system kekebalan tubuh, karena ada hubungan tak terpisahkan antara jaringan pembuluh otak dan kelenjar limpa. Ketika seseorang merasa bahagia setelah memberikan zakat, tubuh akan memproduksi sel-sel kekebalan yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh.

Dikutip dari Koran al-Ra’y al-Thibbiyah, edisi 10681, Ahad, 28 September 2008, Dr.Ahmad Samih, Al-zakat Tahmi al-Amradh al-Nafsiyah wa al-Sikusumaiyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar